About Andika Hendra Mustaqim

April 2, 2009

PENGERTIAN DAN KEGUNAAN PSIKOLOGI PESERTA DIDIK (PSIKOLOGI PERKEMBANGAN)

Filed under: Education — guruandikahendra @ 10:44 am

A. Pengertian Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan (Developmental Psychology) adalah suatu ilmu yang merupakan bagian dari psikologi. Dalam ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk psikologi khusus, yaitu psikologi yang mempelajari kekhususan dari tingkah laku individu.[1] Satu cabang dari psikologi yang ditujukan untuk memahami semua perubahan yang terkait dengan pertambahan usia yang dialami oleh manusia sepanjang rentang kehidupannya, yaitu perubahan di dalam kepribadian, moral, dan proses berpikir.

Objek psikologi perkembangan adalah perkembangan manusia sebagai pribadi. Perkembangan pribadi manusia ini berlangsung sejak konsepsi sampai mati. Perkembangan yang dimaksud adalah proses tertentu yaitu proses yang terus menerus, dan proses yang menuju ke depan dan tidak begitu saja dapat diulang kembali.

Istilah “perkembangan “ secara khusus diartikan sebagai perubahan-perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif yang menyangkut aspek-aspek psikologis.

Secara umum, Perkembangan adalah rangkaian perubahan sepanjang rentang kehidupan, yang bersifat progresif, teratur, berkesinambungan, dan akumulatif, yang menyangkut segi kuantitatif dan kualitatif, sebagai hasil interaksi antara maturasi dan proses belajar. [2]

Perkembangan ini berlaku untuk seluruh makhluk hidup, terutama manusia yang di dalam kehidupannya selalu mengalami proses pembelajaran, dimulai dari masa konsepsi sampai dengan ke liang lahat. Sedangkan pada makhluk hidup lain, seperti hewan dan tumbuhan, perkembangan yang terjadi lebih dikhususkan pada kemampuan untuk bertahan hidup di dalam lingkungannya, terutama dalam hal mencari makanan.

B. Perkembangan Manusia (Human Development)

Apa itu perkembangan manusia (Human Development) ?

Human Development adalah :

1. Sebuah studi ilmiah yang mempelajari proses bagaimana individu mengalamai perubahan sekaligus melihat bagaimana individu tidak berubah.
2. Sebuah bidang studi yang bersifat interdisipliner yang ditujukan untuk memahami semua perubahan yang dialami oleh manusia selama rentang masa kehidupannya.
3. Sebuah studi ilmiah, terkait dengan perubahan-perubahan yang disebabkan oleh pertambahan usia, yang mana perubahan tersebut terjadi pada aspek perilaku, pola pikir, emosi, dan kepribadian.

Jadi, Human Development adalah sebuah studi ilmiah yang melibatkan berbagai disiplin keilmuan yang mengungkap bagaimana proses perubahan yang terjadi pada manusia, yang disebabkan oleh perubahan atau pertambahan usia yang terjadi sepanjang rentang kehidupannya, di mana perubahan tersebut mencakup aspek perilaku, pola pikir, emosi, dan kepribadian. [2]

catatan :
o Interdisipliner artinya bahwa pembahasan tentang human development melibatkan semua bidang yang mempelajari tentang manusia.[3]
o Studi Ilmiah adalah sebuah studi yang telah teruji, mengikuti tahap-tahap ilmiah, dan dapat dipertanggung jawabkan hasilnya.
o Perkembangan selalu dikaitkan dengan perubahan yang terkait dengan perubahan usia.
o Sebuah perilaku yang sama akan memiliki makna yang berbeda ketika terjadi pada usia yang berbeda.

Contoh : ngompol akan memiliki makna yang berbeda jika terjadi pada seorang bayi dan pada siswa SMA.

Berikut adalah Pembagian masa-masa perkembangan seperti yang dikemukakan oleh Harvey A. Tilker, PhD dalam “Developmental Psycology to day”(1975) dan Elizabeth B. Hurlock dalam “Developmental Psycology” (1980) [4] :

  • Masa sebelum lahir
  • Masa Baru lahir
  • Masa Bayi
  • Masa Kanak-kanak (awal & akhir)
  • Masa Puber
  • Masa Dewasa (awal & menengah)
  • Masa Usia Lanjut

Perbedaan antara Human Development dan Developmental Psychology adalah terletak pada jangkauan pembahasan dan sudut pandang dalam mempelajari perkembangan manusia.

Human Development mempelajari perkembangan manusia secara keseluruhan, dari beragam sudut pandang dan dengan jangkauan pembahasan yang sangat luas, karena melibatkan beragam ilmu yang interdisipliner.

Sedangkan Developmental Psychology mempelajari perkembangan manusia dengan jangkauan yang lebih kecil, karena membicarakan perkembangan tersebut dari sudut pandang psikologi.

C. JENIS-JENIS DAN KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN

Elizabeth Hurlock mengemukakan jenis-jenis perubahan selama proses perkembangan dan sifat-sifat khusus dalam perkembangan. [4]

1. Jenis-jenis perkembangan (Types of changes in Development)

Perubahan-perubahan yang terjadi dalam proses perkembangan digolongkan ke dalam 4 jenis; yaitu:

  • Perubahan dalam ukuran (changes in size)
  • Perubahan dalam perbandingan ( changes in proportion)
  • Perubahan wujud ( Disappearance of Old Features)
  • Memperoleh wujud baru ( Acquisition of New Features)

2. Sifat-sifat khusus perkembangan (Characteristics of Development)

Ada beberapa sifat khusus yang dapat kita lihat dalam perkembangan. Dan hanya diambil yang jelas menunjukkan pengaruh yang besar; yaitu:

1. Perkembangan berlangsung menurut suatu pola tertentu.
2. Perkembangan berlangsung dari sifat-sifat umum ke sifat-sifat khusus.
3. Perkembangan adalah tidak terputus-putus.
4. Perbedaan kecepatan perkembangan antara kanak-kanak akan tetap berlangsung.
5. Perkembangan dari pelbagai bagian badan berlangsung masing-masing dengan kecepatan sendiri.
6. Sifat – sifat dalam perkembangan ada kaitannya antara satu dengan yang lainnya.
7. Perkembangan dapat dikira-kirakan lebih dahulu.
8. Tiap-tiap fase perkembangan mempunyai coraknya masing-masing.
9. Apa yang disebut sikap yang menjadi persoalan kerapkali sikap biasa sesuai dengan umurnya.
10. Tiap-tiap orang yang normal akan mencapai masing-masing fasenya terakhir dalam perkembangan.

D. Kegunaan Mempelajari Psikologi Perkembangan

Mempelajari psikologi perkembangan sangat bertguna, karena:

1. Akan membimbing dan mengasuh anak-anak atau secara lebih luas ada keinginan untuk membantu mengoptimalkan proses perkembangan yang akan dialami oleh generasi selanjutnya.

1. Pengetahuan tentang psikologi perkembangan akan membantu para orang tua dan guru dalam menghadapi tantangan saat membesarkan dan mendidik anak-anak / siswa. [5]
2. Kita mempelajari psikologi perkembangan agar dapat merespon tantangan dengan cara-cara yang tepat dalam mendidik dan mengasuh anak.

2. Supaya bisa mengetahui dan memahami kondisi alamiah dan sifat- sifat dasar manusia.

Penelitian di dalam psikologi perkembangan memberikan wawasan dan pengetahuan penting tentang beberapa pertanyaan yang paling menarik mengenai kondisi alamiah manusia, seperti konsep tentang innate (bawaan) dan ada hubungan antara pengalaman pada masa-masa awal kehidupan seseorang dengan usia setelahnya.

3. Terkait dengan pengambilan kebijakan yang terkait dengan kesejahteraan anak.
4. Pengetahuan tentang perkembangan anak akan memberikan informasi atau acuan bagi pemerhati anak saat harus membuat peraturan atau kebijakan yang berdampak pada kesejahteraan anak

E. Kesimpulan :

o Pengetahuan tentang dasar-dasar perkembangan adalah sangat penting artinya bagi kita.
o Memungkinkan kita mengetahui apa yang dapat kita harap pada suatu usia, sehingga tidak terjadi harapan yang berlebihan atau mematikan pengharapan yang kedua-duanya akan berakibat tidak baik.
o Memungkinkan kita mengetahui secara tepat kapan kita harus berbuat dan apa yang harus kita buat untuk membantu pertumbuhannya, agar berlangsung dengan baik.

Daftar Acuan

1. Agus Suyanto, Psikologi Umum (Cet. XII; Jakarta: Bumi Aksara, 2004)
2. Abu Ahmadi, Psilkologi Perlembangan ( Cet. I;Jakarta: Rineka cipta, 1991)
3. Kartini Kartono, Kamus Psikologi (Jakarta: Rajawali Press, 1989)
4. Singgih D. Gunarsa, Dasar dan Teori Perkembangan Anak (Jakarta: Gunung Mulia, t.th)
5. Sunarto dan Agung Hartanto, Perkembangan Peserta Didik ( Cet. I;Jakarta: Rineka Cipta, 1999)

2 Comments »

  1. dalam perkembangan anak tidak semuanya itu sempurna terus bagaimanakah cara menghadapi perkembangan anak yang secara fisik itu sempurna namun secara naluri itu ada keterbelakangan.dan disebut perkembangan yang bagaimanakah itu?

    Comment by agus sugiyanto — April 29, 2009 @ 2:25 pm

  2. makasih..

    Comment by Ratri Nuryani Qudwatullathifah — September 25, 2011 @ 12:06 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: