About Andika Hendra Mustaqim

May 3, 2013

Profesor Stokhof Membuatku Malu Jadi Orang Indonesia!

Filed under: Uncategorized — Tags: , , , , — guruandikahendra @ 2:46 am

Image

Sebagai orang yang belajar Linguistik dan menggeluti dunia bahasa, aku sangat berterima kasih kepada Universitas Indonesia atas pemberian gelar Doktor Honoris Causa kepada Willem Arnoldus Laurens Stokhof atau yang akrab dipanggil Wim Stokhof pada awal Februari 2013 lalu. Terus terang, aku sangat mengapresiasi pemberian gelar DHC kepada Stokhof, selain gelar itu juga diberikan kepada Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Aku mengenal Profesor Stokhof sejak lama. Bukan karena aku pernah bertemu dengannya. Namun, aku mengetahui dari beberapa buku tentang linguistik yang ditulis Stokhof. Aku tersasar membaca beberapa hasil riset mengenai dialek dan fonetik yang ditulis Stokhof. Aku menemukan tulisannya tanpa sengaja saat mengerjakan tugas mata kuliah Sosiolinguistik dan Fonologi saat kuliah Sastra Inggris di Universitas Brawijaya Malang.

Image

Ternyata Stokhof merupakan orang asing pertama kali meneliti bahasa-bahasa di Indonesia dan mempopulerkannya di dunia internasional hasil penelitiannya. Bukan bahasa gaul yang ditelitinya. Namun, bahasa-bahasa yang hampir punah. Sungguh miris dan ironis, ketika banyak orang Indonesia bangga mampu berbahasa asing, seperti Inggris atau Belanda, tapi Stokhof justru berusaha menyelamatkan bahasa-bahasa yang semakin sedikit digunakan masyarakat lokal.

Dan Stokhof itu berkebangsaan Belanda. Orang Belanda itu memang selalu pioner! Kiprahnya di Indonesia bukan dilakukan kemarin sore. Lebih dari 40 tahun, dia telah mengabdikan diri untuk meneliti bahasa. Namanya pun begitu populer bagi linguis di Indonesia. Dia juga kerap membagikan ilmunya melalui seminar dan pelatihan bagi para peneliti dan pegiat bahasa. Sayangnya, aku belum pernah mengikuti seminarnya, karena kesibukanku.

Berkat Stokhof, aku tertarik belajar linguistik lapangan dan linguistik forensik. Meski aku hanya satu kali terlibat dalam penelitian bahasa masyarakat Badui dalam, namun aku ingin sekali bercita-cita seperti Stokhof, menjadi peneliti bahasa yang hampir punah. Sepertinya asyik, keliling ke daerah-daerah di Indonesia. Bergelut langsung dengan masyarakat dan budayanya. Pasti penuh tantangan dibandingkan bekerja di depan komputer.

Pada 2011, Association for Asian Studies, sebuah asosiasi para pakar dan mahasiswa yang tertarik dengan Kajian Asia, memberikan penghargaan atas kontribusi yang diberikan Stokhof dalam pengembangan dan memajukan kajian Asia. Hebat ya! Di kalangan para pegiat kajian Asia, Stokhof dipuji karena mempelopori forum internasional untuk kajian Asia. Kerennya lagi, dia justru memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia di forum internasional itu, salah satunya International Institute of Asian Studies (IIAS) di Leiden dan Amsterdam.. Kadang aneh juga, justru orang Belanda yang mempopulerkan Indonesia, bukan orang Indonesianya sendiri.

Bukan hanya bahasa dan budaya di Indonesia yang sangat dibantu oleh Stokhof, dia juga mempereat kerjasa internasional dalam bidang Kajian Islam. Wow! Dia mendirikan International Institute for the Study of Islam in the Modern World (ISIM) di Leiden. Apa saja yang dilakukannya? Dia menjelaskan pemahaman Islam di Indonesia di mata dunia dengan kacamatanya. Banyaknya berkecimpung di Indonesia, menjadikan Stokhof mampu memahami Islam yang sebenarnya yang jauh dari kekerasan dan cinta perdamaian.

Sebagai orang Indonesia, kita seharusnya introspeksi diri mengenai Keindonesian yang ada di dalam diri kita sendiri! Kita harus berkaca kepada Profesor Stokhof atas Keindonesian dalam jiwa dan kehidupannya. Setelah itu, marilah kita bangkit melakukan sesuatu untuk Indonesia dan menanamkan Keindonesian dalam jati diri kita!

Terima Kasih Profesor Stokhof telah menginspirasi Indonesia!

Sumber:

http://www.asian-studies.org/publications/Exceptional-Service.htm

Foto:

Rri.co.id

Facebook Official Universitas Indonesia Page

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: