About Andika Hendra Mustaqim

May 3, 2013

RAJA WILLEM-ALEXANDER BEDA!

Filed under: Uncategorized — Tags: , , , , , — guruandikahendra @ 3:08 am

Image

Willem-Alexander pada Selasa (30-April) lalu dilantik menjadi Raja Belanda. Selamat kepada seluruh rakyat Belanda yang memiliki raja baru setelah 123 tahun lamanya dipimpin oleh terus oleh ratu. Terus terang, aku sangat memberikan kepedulian dan perhatian penuh dalam kejadian tersebut. Bagiku itu sama pentingnya seperti pernikahan Pangeran William dengan Kate Middleton yang ditonton jutaan orang di Inggris secara langsung dan miliaran orang di dunia melalui stasiun televisi.

Bagiku, meski Kerajaan Belanda kalah pamor dibandingkan Kerjaan Inggris yang selalu disorot media internasional, namun Kerjaan Belanda sebenarnya lebih humanis dan memasyarakat dibandingkan dengan kerajaan lain di dunia. Buktinya, dalam pelantikan Willem-Alexander menjadi raja hanya bersifat seremonial dan itu disumpah dan dilaksanakan di gedung parlemen. Perayaan pun meriah, tetapi tidak megah.

Fokus dalam tulisan ini bakal menyinggung lebih banyak tentang Raja Willem-Alexander yang menjadi pangeran pertama yang menjadi ahli dalam manajemen air. Biasanya, seorang pangeran didik menjadi seorang tentara yang hebat. Dikirim ke medan perang agar layak mendapatkan gelar sebagai pahlawan. Sejak menjadi Putra Mahkota Kerajaan Belanda, Willem-Alexander memang pernah menjadi tentara. Namun, selepas kuliah sejarah di Leiden University, Willem-Alexander lebih memiliki menjadi pakar manajemen air. Keren bukan?

Berdasarkan penulusuran saya di dunia maya dan bertanya dengan orang yang terbiasa dengan dunia manajemen air, Willem-Alexander memang satu-satunya pakar manajemen air dari kalangan keluarga kerajaan. Dia juga bekerja secara professional dalam bidangnya. Meskipun dia sudah memiliki masa depan yang cerah, sejak menjadi professional, dia sudah berkecimpung dengan para pakar dan pegawai tanpa harus malu-malu menyembunyikan identitasnya sebagai keluarga kerajaan.

Pada 2000, Willem-Alexander memimpin Komisi Manajemen Air Terintegrasi Belanda dan menjadi Komite Pengawasan Air pada 2004. Salah proyek prestisius yang ditanganinya adalah Program Delta yang menjadikan Belanda tetap aman dari dampak buruk perubahan iklim. Program itu meliputi pencegahan banjir dan manajemen efesiensi air.

Keahlian dan kepakarannya dalam manajemen air bukan hanya memberikan manfaat bagi Belanda, Willem-Alexander juga menyumbangkan pemikirannya bagi dunia sejak 1997. Bahkan, Willem-Alexander merupakan anggota kehormatan Komisi Dunia untuk Air pada abad 21 dan tokoh penting dalam Kemitraan Air Global.

Selain profesionalitas dalam manajemen air, aku kagum dengan Raja Willem-Alexander itu karena membuang jauh-jauh protokoler yang menyulitkan dia berkomunikasi dengan rakyatnya. Dalam penyebut, Yang Mulai, Willem-Alexander saja menyerahkan kepada rakyatnya bakal memanggil apa yang mereka inginkan.

“Saya bukan berpegang teguh kepada protokol,” katanya kepada Dutch TV. “Hal terpenting bagi saya adalah ketika rakyat merasa senang ketika saya bersama dengan mereka,” dikutip BBC News.

 

Willem-Alexander berjanji rakyat bisa mengandalkannya sesuai harapan mereka sehingga mereka bisa merasa nyaman. “Saya ingin menjadi raja yang mengikuti tradisi dan mempersatukan, mewakili dan mendorong masyarakat,” tegasnya. Dia juga berjanji kalau kerjaan bakal bergerak bersama masyarakat.

Sumber:

http://www.hollandtrade.com/media/features/special-reports/investiture/?bstnum=5226

http://www.government.nl/issues/water-management/news/2008/09/25/new-dutch-british-alliance-in-battle-for-clean-drinking-water.html

http://www.bbc.co.uk/news/world-europe-22279240

Foto:

Dailymail.co.uk

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: